ARAH BANGSA

Bagaimana kalau negeri ini benar-benar menjadi negeri yang terpuruk secara luar biasa?

Sedih.

Apakah kira kira saja, bisa dibuat suatu penjelasan yang amsuk akal dan lengkap mengenai arah perjalanan bangsa ini dari sejak lahirnya hingga menuju keterpurukan seperti sekarang ini? Atau lebih jauh secara optimis kira kira apakah ada suatu penjelasan yang amsuk akal bagaimana bangsa ni dapat dibawa ke arah yang lebih baik lebih mulia diwaktu yang akan datang. Setidak tidaknya dalam waktu 25 tahun ke depan?

Apakah kiranya bangsa ini akan menjadi bangsa yang tidak dapt memiliki kesanggupan untuk belajar, sebuah bangsa yang tidak berakal? Bangsa yang tidak belajar adalah bangsa yang tidak berakal.

Apa yang terjadi sekarang in dan apa yang etrjadi di masa lampau bangsa ini memiliki kesamaan konteks, secara sistemik terjadi plagiasi kebangsaan indonesia yang dahulu dengan sekarang. Letak perbedaannya hanyalah dalam konteks teknologi. Perangkat dan infrastruktur saja yang ebrbeda.

Budaya bangsa, hubungan antar kelompok, sistem sosial politik, memiliki kesamaan yang sebagian besarnya meneydihkan.

Korupsi, manipulasi jabatan, intrik politik, kekacauan administrasi pemerintahan dan hal hal yang melingkupi semua tu sama saja halnya. Tidak berubah. Beberapa bagian malah memburuk.

Pendidikan begitu terbelakang, jauh tertinggal bahkan jika dibandingkan dengan malaysia yang pernah berguru kepada indonesia. Sedihnya, itu semua sangat mempengaruhi jalannya ekonomi politik, budaya, teknologi dan media.

Pendidikan terbelakang ini tampil secara gamblang dalam pentas politik perjuangan ekonomi, produk seni budaya, penerapan teknologi dan tentu saja siaran media massa baik itu elektronik, visual, cetak.

Sekali lagi apakah ada penjelasan yang masuk akal tentang itu semua dalam suatu penjabaran yang lengkap dan memuaskan. Tentang bagaimana hidup bangsa ini menjadi begini terpuruk. Apa yang dilakukan oleh bangsa ini di masa lalu yang salah? Apa yang menjadi penyebabnya dalam uraian yang rinci tentang pemimpin-pemimpin yang emgnatur negeri ini di masa lalu. Dan bagaimana semuanya saling berkaitan dalam membentuk hidup bangsa ini sekarang?

Lalu setelah penjelasan yang demikian itu ketemu, dapatkah dibuat penjelasan yang bersifat prognosis megnenai bagaimana bangsa ini dimasa yang akan dtang dapat memiliki kehidupan yang mulia? Bangsa yang beradab.

Dengan berhitung kepada keadaan yang sekarang lalu membuat penjelasan mengenai langkah-langkah yang dilakukan oleh bangsa ini, oleh pemimpin-pemimpin yang mengatur bangsa ini, menuju suatu keadaan yang dicita-citakan.

Apa kira-kira ruang yang akan dipakai untuk menjelaskan itu semua?

Suatu catatan harian sebuah bangsa, buku penelitian, novel yang tebal atau film dan sinetron, atau dokumenter?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *