BERITA BURUK

Beberapa orang melihat fakta yang terjadi di negara ini sebagai apa adanya yang tampil di halaman media dan layar tv. Apa yang disajikan di sana diterima sebagai fakta yang sebenarnya. Suatu kebenaran sejati.

beberapa orang melihat yang sebaliknya. Apa yang ditampilkan di media dan tv adalah suatu fakta buatan, suatu kebenaran yang bersifat semu. Di dalamnya terdapat pengaruh-pengaruh dari pembuat kebijakan media, wartawan, politik lingkungan sekitar, budaya masyarakat. Dan teknologi.

Sangat relevan untuk mengikuti pesan qur’an tentang berita agar dengan cermat diteliti setiap kabar yang kita dengar dari orang lain. Meneliti untuk mengetahui mana bagian-bagian yang benar-benar fakta sebenarnya dan mana bagian-bagian yang diselewengkan.

Di atas keras ini ada gambar garuda yang diambil dari pecahan logam 100 rupiah. Ini adalah faktanya. Media yang melihat fakta ini akan menyajikan informasi yang berbeda-beda isinya. Faktanya sama tetapi yang disajikan berbeda-beda. Dan masyarakat pembaca yang memiliki variasi tingkat kecerdasan dan latar belakang akan memahami informasi dengan cara yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *