Catatan Pekerjaan, Hidup dan Perjalanan

Sampai bulan ini pekerjaan yang digarap telah mencapai target yang ditetepkan diawal tahun. Hanya saja tidak satupun yang dibayar dengan lunas. Ada yang kurang 3 juta, 7,5 juta, 300 rb, sama sekali belum, dan dijanjikan. Begitulah hidup berlangsung selama kurun waktu 2003 ini. Tidak dapat dipungkiri ini menggnanggu cashflow perusahaan maupun pribadi.

Sedih sebab diantaranya melibatkan teman-teman dekat. Orang-orang yang sudah menyatu cukup lama.

Satu paling pokok kesedihan adalah karena ada teman yang tega menipu dan berbohong entah dengan tujuan apa mengenai proses dan manajemen pekerjaan.

Mudah-mudahan saja Allah mengaruniakan kesejukan hati dan kesadaran untuk menempuh jalan yang lebih lurus.

Hidup tidak memiliki ruang yang terpisah dari masa lalu. Akan tiba waktunya juga orang-orang bertemu kembali dalam ruang dan waktu yang berbeda. Dan sejarah akan kembali terputarkan. Tentang semua orang yang pernah bersama itu.

Apakah akan timbul pada mereka rasa malu akan kesalahan yang telah lalu atau malah melupakannya sebagai tiada.

Bagi beberapa orang kenangan buruk itu akan membekas dalam dan tidak dapat terlupakan, kesalahan akan terpatrikan dan tidak dapat termaafkan, dan hidup menjadi dendam yang abadi. Bagi beberapa yang lain, hidup adalah kesediaan untuk mencari dan meraih sesuatu yang baru dan lebih mulia. Kesalahan-kesalahan ditobatkan, dan hidup menjadi kearifan yang menuju puncaknya.

Sedikitnya waktu untuk merenungkan kesalahan yang pernah kita lakukan dan kebajikan yang pernah kita ukirkan menempatkan kita pada kejumudan peradaban. Mandek. Tidak kreatif. Kita lalu mengulangi hidup yang telah lalu. Dengan teknologi yang lebih modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *