Certainty of Death, Small Chance of Success

Certainty of Death, Small Chance of Success
Ada ketakutan yang menghantui kita ketika kita hendak melakukan sesuatu yang baru, sesuatu yang berat, atau sesuatu yang besar.
Kita takut keliru melakukannya. Kita takut tidak memiliki kekuatan melakukannya. Kita takut gagal.
Kadang-kadang juga kita takut berhasil.
Semua ketakutan itu membuat kita tidak bersegera melakukan apa yang kita hendak lakukan mulanya. Kadang-kadang bahkan membuat kita benar-benar tidak jadi melakukannya.
Padahal semua yang kita takutkan itu sesungguhnya hanyalah kesemuan. Sesuatu yang tidak nyata, sesuatu yang tidak ada sama sekali. Bagaimana bisa nyata, bagaimana bisa ada, kalau kita bahkan memulai sesuatu saja belum.
Keliru, gagal dan berhasil bisa dan hanya bisa ada kalau kita sudah melakukannya. Benar-benar melakukannya.
Jadi tunggu apa lagi, “Certainty of death, small chance of success, what’re we waiting for?” [From Gimli Son of Gloin, The Lord Of The Ring – The Return Of The King, New Line Cinema, 2004]
Kita lakukan sajalah yang ingin kita lakukan itu. Tidak perlu lagi tertunda atau tidak jadi hanya karena ketakutan yang semu. Lakukan sajalah sebelum semuanya menjadi terlambat. “Ketika di masa itu apa yang kita lakukan sudah menjadi sesuatu yang tidak diperlukan lagi. Tidak juga pedang, harta benda, bahkan nyawa.” [From Eowyn Lady of Rohan, The Lord of The Ring – The Return of TheKing].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *