Dunia Ini Sempit

Dunia ini sempit dan memiliki keterkaitan yang erat dengan waktu yang pendek bagi orang-orang yang hidup di dalamnya. Kita bertemu dengan orang-orang yang sama yang pernah bertemu dengan orang lain yang kita bertemu sebelumnya.

Apa yang dilakukan oleh orang tersebut akan sampai kepada kita kedua duanya. Apa yang kia lakukan akan sampai kepada kedua-dua orang tersebut.

Etika yang kita bawa akan memberikan warna pada pergaulan yang tercipta. Demikian juga tanpa etika yang kita bawa akan mempengaruhi sisi lain pergaulan itu.

Kadang-kadang kita diceritakan sebagai orang yang buruk dan tidak memiliki etika, kadang-kadang kita dipuji di hadapan orang lain. Cerita-cerita itu akan sampai kepada kita pada waktunya. Dari situ kita mengetahui mana orang-orang yang berbudi baik dan mana orang-orang yang berbudi buruk.

Kita menjadi tahu mana orang-orang yang membela kita dan mana orang-orang yang menjatuhkan kita. Mana orang yang mengninginkan kita menjadi jaya dan mana orang yang menginginkan kita menjadi hancur terpuruk. Lalu hidup menjadi seperti permainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *