KARTINI DAN WANITA INDONESIA

Kartini dan wanita indonesia

Makna kartini sebagai pejuang emansipasi telah dikebiri menjadi sekedar simbol pembebasan tanpa arah. Liberalisme emansipasi yang menyesatkan.

Padahal kartini itu kan wanita yang sangat hebat, luhur budi dan taat kepada suami. Ia adalah penemu, pembuat sejarah, pemimpin perubahan yang benar-benar mendobrak. Dan itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan poligami.

Yang menjadi pokok bagi gerakan kartini adalah suatu pendidikan wanita. Pembebasan untuk memperoleh pengetahuan yang seluas-luasnya sejajar dengan dan mungkin lebih bahkan dari pria.

Dan satu hal yang posti, kartini tidak pernah mengatasnamakan diri pembela wanita, wakil wanita. Ia melakukan gerakan pembebasan dengan maju di hadapan bapaknya, meminta agar diberi ruang untuk mendidik menyebarkan pengetahuan dan kecerdasan baru kepada wanita di sekitarnya ebrsama sama dengan kakak/adiknya.

Kartini adalah pejuang kemerdekaan yang sejati.Wanita-wanita kini yang lantang berteriak tentang feminisme dan juga emansipasi hanyalah pesolek eksibisionis tanpa paradigma yang luhur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *