Kata dan Maksudnya

Kadang kita mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya kita maksudkan. Kadang kita memiliki maksud yang tidak seperti yang kita katakan. Sedangkan apa yang didengar oleh orang lain adalah apa yang kita katakan.

Apa yang ditangkap orang lain dari perkataan kita itulah yang dianggap sebagai maksud kita. Kita kadang kadang perlu mengeluarkan kata kata lebih banyak untuk menjelaskan maksud kita yang sebenarnya bukan apa yang sebenarnya kita katakan.

Berbicara tentang maksud perkataan, nampaknya aku perlu minta maaf kepada seseorang besok pagi tentang apa yang aku katakan beberapa saat lalu, dan membawakannya sebatang coklat.

Barangkali ia akan merasa lebih tenang dan tidak berpikir yang keliru tentang apa yang aku katakan tadi.

Aku tidak bermaksud menyinggung sama sekali hal hal yang pribadi tentangnya, atau mengaturnya untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Tetapi kata kata yang aku sampaikan barangkali memang seperti itu adanya, menyinggung hal hal pribadinya dan mengaturnya benar.

Walau barangkali beberapa orang lain mengatakan aku telah memiliki kebijaksanaan yang diperlukan untuk menjalani hidup senyatanya aku masih memiliki banyak kekurangan yang harus diperbaiki untuk benar benar dapat menjalani hidup yang lebih baik.

Ada orang yang mengatakan telah memperoleh pelajaran berharga dengan kehadiranku. Pelajaran yang bermakna dalam menjalani hidup. Meski aku sendiri tidak yakin telah memberikan pelajaran serupa itu. Aku justru mencatat yang sebaliknya. Banyak hal aku pelajari dari kehadiran mereka di dekatku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *