Kehendak di Tangan Kita

Ada beberapa hal yang menjadi kehendak kita dan berada dalam wilayah kekuasaan kita untuk mewujudkannya menjadi nyata. Ada beberapa hal yang menjadi kehendak kita tetapi berada di luar kekuasaan kita untuk mewujudkannya. Kadang-kadang keduanya bertemu pada saat yang sama. Apa yang menjadi kehendak kita pada saat yang sama menjadi kehendak orang lain juga dengan cara dan bentuk yang persis sama.

Ketika kita bertemu dengan orang lain yang memeiliki kehendak yang sama dengan kita, kadang kita menganggap ia meniru kita, kadang ia menganggap kita menirunya. Kadang dan lebih sering kita menyatukan keduanya menjadi satu gagasan bersama dan berusaha secara bersama sama untuk mencapainya. Begitulah terjadinya suatu kerja, karya, event.

>>

Novel telah pergi dari kirana dengan satu atau lain cara. Alasan bisa berbagai macam dan maksud bisa berbagai macam. Tetapi kenyataan yang terjadi tidak dapat diingkari dengan memberikan alasan dan menyampaikan maksud. Peristiwa adalah apa fakta yang terjadi. Aku memiliki perkiraan bahwa lambat laun apa yang disampaikan sebagai alasan dan apa yang disampaikan sebagai maksud untuk membagi waktu antara kedua tempatnya itu hanya akan menjadi cerita yang berlalu, sesuatu yang sekedar diucapkan untuk memenuhi kaidah formalitas suatu tindakan.

Awad juga sedang memiliki pertimbangan untuk melakukan hal yang kurang lebih sama. Memiliki sesuatu dan melakukan sesuatu yang lain di tempat lain.

Terus terang aku berharap keduanya tidak terjadi sebagai kenyataan di waktu yang akan datang. Mudah-mudahan keduanya masih memiliki kekuatan untuk tetap menjalankan Kirana dengan segala yang terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *