MAL PRAKTEK MEDIS

OPRAH WINFREY SHOW

Malapraktek di rumah sakit.


Kejadian malapraktek tidak hanya ada di Indonesia. Di negara yang sudah maju seperti amerika dan kanada tetap saja ada kasus malapraktek kedokteran dimana korbannya adalah warga negara amerika sendiri. Sebagiannya sudah ditegaskan didalam keseharian kita sejak kita kecil atau bayi bahkan, bahwa dokter adalah seorang yang memiliki kemampuan menyembuhkan sakit apapun, sedekat tuhan.

Lalu menjadi suatu mitos kepercayaan yang kuat dan mendekati tahayul dan perdukunan. Dokter tak ubahnya seperti dukun yang dipuja dengan metode perdukunan yang berbeda, dukun modern.

Padahal dokter juga manusia biasa yang memiliki saat-saat salah mengambil keputusan dan tidak mengetahui sesuatu penyakit. Sekiranya pasien mau menempatkan dokter sewajarnya, maka kasus malapraktek dapat dihindari karena adanya kewaspadaan dari pasien selain kerelaan dokter untuk memberikan suatu gambaran yang lengkap dan jujur mengenai situasinya.

Bagi pasien korban malapraktek, tertinggal kesan mendalam sehingga mereka sampai pada kesimpulan untuk tidak mempercayai dokter manapun lagi.

Dan perlu dicatat bahwa rumah sakit, sesuai dengan namanya, adalah rumah yang sakit, menjadi sumber segala penyakit di dunia. Sakit dan kematian yang disebabkan oleh sakitnya rumah sakit kira-kira mencapai 900 ribuan setahunnya.

Jadi hati-hatilah anda kalau ke dokter dan hati-hatilah anda kalau ke rumah sakit. Jangan pernah membawa bayi dan anak yang sehat ke rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *