Menjernihkan Pikiran

Usaha untuk menjernihkan pikiran dilalui oleh banyak orang dengan menggelapkannya. Mereka menganggap bahwa mereka telah melakukan upaya-upaya yang benar dalam menjernihkan pikiran dan menyegarkannya. Tetapi malahan yang mereka lakukan itu sebenarnya membuat pikiran semakin terkabutkan menebalkan tabir pikiran dari memahami segala sesuatu dan memperberat kelelahannya.
Sehingga setelahnya, tetap saja mereka merasakan bahwa tidak ada kekuatan baru yang bersemayam di dalam pikiran mereka, hanya yang lalu, seperti yang lalu saja bahkan kurang.
Padahal di saat-saat seperti ini di mana suatu Kelahiran Agung telah memberikan contohnya yang jelas. Penjernihan pikiran hanya bisa dimulai dari dada, dada yang bersih dari segala kekotoran yang menyelimutinya. Bersihkanlah dahulu dada kita maka kita akan dapat menemukan jalan pikiran yang jernih dan segar.
Bahkan ketika tiba pada suatu masa yang melelahkan sangat, yang memberatkan sangat, maka dada yang bersih itu dapat membimbing pikiran untuk mengambil keputusan yang tepat tidak keliru sedikitpun. Masa itu senyatanya hadir tidak hanya sekali saja, selama hidup masih terkandung badan, akan terus berdatangan masa-masa yang berat dan melelahkan, semakin berat dan semakin melelahkan. Sebagai pertanda semakin tingginya kedudukan kemanusiaan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *