OBITUARI: MUNIR

OBITUARI

Telah meninggal dunia dengan sangat mengejutkan, Munir SH, seorang pejuang kebebasan hak asasi manusia, ikon penentang militerisme, penindasan, dan kekerasan terhadap rakyat oleh penguasa.

Semoga perjuangannya dapat terus bergema dan meresapi jiwa anak bangsa untuk terus memerdekakan diri dari penindasan yang tampak maupun tidak tampak.

Sebuah langkah yang menjadi pertanyaan banyak orang, setelah selama sekian waktu Munir tidak pernah partisan, adalah tindakannya memihak Amien Rais, calon presiden dari PAN & PKS. Yang dijawabnya dengan memberikan sebuah preskripsi bahwa bayi demokrasi haruslah diselamatkan. Dan satu orang yang memiliki resistensi paling kecil terhadap demokrasi adalah Amien Rais.

Belakangan dibuktikan secara benar oleh sikap Amien Rais untuk tidak memihak dengan mengatakan bahwa pemilu presiden telah usai. Setidaknya ini menunjukkan bahwa Munir dikaruniai suatu pandangan yang menembus ruang dan waktu masa depan.

Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama akan lahir munir-munir baru di negeri yang sedih ini, negeri yang penakut dan hanya bisa menjadi penghibur, entertainer country. Bersenang-senanglah anak bangsa, sampai kapal ini karam terbentur gunung karang es yang tersembunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *