ORANG-ORANG YANG BERJUANG & KEBODOHAN MEDIA

Setelah orang tidak lagi melihat adanya peluang-peluang yang khusus di dalam hidupnya maka ia akan mencurahkan perhatian kepada apa yang sedang dikerjakannya selama ini.

Ia akan menekuni satu bidang yang telah dijalaninya dan melakukan hal-hal yang sama dengan apa yang pernah dilakukan sebelumnya, bedanya adalah jauh lebih fokus dari sebelumnya yang hanya mengupayakan setengah-setengah karena harus berbagi perhatian dengan hal-hal yang berbeda-beda yang ditimbulkan oleh keinginan untuk menemukan peluang dan mencoba peluang baru.

Orang yang beruntung adalah orang yang telah menetapkan fokus perhatian pada satu atau dua hal saja sejak ia muda benar. Orang demikian akan memiliki waktu yang cukup untuk memperinggi kemampuannya dan mencapai tataran yang tinggi dalam kualitas pekerjaannya/profesinya.

Orang-orang hebat yang memiliki perstasi gemilang dan karya yang agung dan reputasinya diakui dunia selalu adalah orang-orang yang memiliki fokus pada satu atau dua saja bidang sejak mereka masih sangat muda.

Selama ini mereka berjuang dengan keras dan sungguh-sungguh mencurahkan waktu dan tenaga dan pikiran untuk mengerjakan hal-hal yang mereka geluti. Wajar jika kemudian mereka memperoleh hasil yang setimpal, penghargaan yang banyak dan pengakuan atas prestasi mereka.

Kita tidak perlu merasa iri melihat mereka menikmati itu semua. Kita hanya perlu mempelajari jalan sejarah hidup mereka and mengambil isnpirasi untuk hidup kita sendiri.

Contoh sederhana menganai orang-orang yang berhasil adalah joy dan jk rowling. Dua prestasi yang berasal dari kategori berbeda. Tapi keduanya emngusung fakta ang sama. Bahwa keberhasilan melalui perjuangan yang berat dan panjang selama sepuluh tahun atau lebih dan emlalui banyak kesedihan yang tidak terucapkan.

Joy, sekarang pemenang indonesian idol, telah selama 14 tahun menekuni dunia nyanyi dan belajar terus menerus selama waktu itu untuk mengasah kemampuannya. Dan tidak bisa dippungkiri bahwa ia telah mencapai tingkatan yang kurang lebih bisa dikatakan puncak keindahan seni. Seni bersuara. Kemampuannya ini yang diakui secara luas lalu membuatnya menjadi pusat baru perputaran bisnis hiburan dan citra. kontrak album musik, pentas panggung, film atau klip video dan jug iklan dan ikon event lainnya. Ia mendapat hadiah yang banyak dari sponsor-sponsor dan yang jelas adalah pengakuan resmi dari para juri yang berasal dari tokoh dengan ilmu tinggi dan mencukupi dalam dunia seni.

Jk rowling, novelis etrlaris inggris dengan kontrak jutaan poundsterling (₤) dan lisensi pembuatan filmdan semua merchandise novel harry potter. Sekarang dinobatkan sebagai orang terkaya inggris.

Ia butuh waktu 10 tahun lebih untuk bisa menghasilkan novel pertamanya yang meledak di pasaran [best seller] dan selalu ditunggu oleh pembacanya yang sebagian besar anak-anak dan remaja.

Ia hidup miskin selama bertahun-tahun itu, bekerja serabutan apa saja dan menumpang tinggal pada orang [saudaranya]. Serta mengalami hal-hal menyedihkan sebagai orang miskin.

Selama waktu itu ia menuliskan gagasannya dan terus setia pada angan-angan untuk membuat suatu cerita anak yang sangat menarik hatinya.

Di dalam sepanjang perjalanan dengan kereta api maupun di kafe-kafe sambil minum kopi, dituliskannya mimpinya itu. Dan tidak ada penerbit yang mau menerbitkan naskahnya. Penerbit yang sekarang menerbitkan adalah peenrbit ketiga atau keempat.

Dengan ketekunannya dan kegigihannya mewujudkan mimpi.

Jadilah harry potter sebuah fenomena naskah cerita anak yang paling laris bahkan sebelum cetakannya jadi.

Mereka itu dan orang-orng ehbat lain yang tampil terbuka di hadapan media maupun yang tersembunyi adalah orang-orang yang berjuang dengan keras dan mengalami kesulitan-kesulitan yang terlihat maupun yang tidak diceritakan.

Apa yang tampak selalu memang hal yang lebih sederhana dan mudah. Yang tertangkap hanyalah hal-hal yang glamour dan penuh kebahagiaan menikmati hasil dan kejayaan. Kearifan jarang muncul terekam dari apa yang tampak di media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *