PENGAMAT DAN PERAMAL POLITIK

Pengamat politik dan peramal politik

Riswanda adalah satu dari pengamat politik. Ia berbicara menggunakan data dan perhitungan perhitungan yang masuk akal terhadap data itu. Lainnya dalam golongan pengamat adalah lsi,csis, dan lembaga dengan survey sebagai basis analisa dalam berbagai bidang.

Tetapi juga ada peramal-peramal politik yang membuat perkataan berdasarkan angan angan belaka. Dan ramalan dukun.

Peramal dan pengamat ini kadang tampil dalam satu forum dan membicarakan hal hal yang penting di hadapan banyak sekali orang. Pembicaraan itu kebanyakan menjadi tidak tentu arah. Dan membingungkan.

Salah satu peramal politik adalah gus dur. Orang orang menganggapnya cerdas, padahal ia hanya pandai bersilat lidah, pandai bicara dan kadang kadng menipu. Tidak pernah yakin terhadap fakta karena tidak melihat sendiri kejadiannya dan menghindar atau membuat apologi ketika diminta menunjukkan informasi yang benar.

Gus dur juga meramal akan keberhasilanya melihat dan maju sebagai capres partai kebangkitan bangsa. Benar benar ramalan.

Jadi adalah juga bencana kalau gus dur menjadi presiden lagi. Sesuatu yang menyedihkan kalau rakyat memilih gus dur lagi berarti rakyat juga menjadi peramal masa depan.

Seharusnya rakyat sadar dan melihat kembali sejarah yang masih sangat dekat masa masa sekarang adalah saat yang sangat kritis bagi bangsa ini. Pemimpin yang tidak mampu memelihara dirinya, tidak mampu memperoleh gambara jelas tentang sesuatu secara langsung, pemimpin yang harus dibantu untuk membaca dan menulis hanyalah akan memperburuk jalannya bangsa ini.Apakah itu diskriminasi? Iya betul. Dan memang harus begitu. Harus ada diskriminasi untuk hal hal yang memang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *