Pikiran

Kadang kita tidak menyadari bahwa ada kalanya jalan pikiran kita tidak sehat. Kita selalu beranggapan bahwa kita sudah berpikir dengan cara yang benar dan kita sudah memikirkan hal yang benar.

Karena kita beranggapan bahwa kita sudah benar maka kita bertindak dengan sikap mau menang sendiri. Kita berpikir bahwa orang lain salah dan orang lain berpikir dengan cara yang salah.

Sesungguhnya jika kita mau sedikit kembali menelusuri jejak pikiran kita, maka kita akan menemukan bahwa sebagian dari yang kita pikirkan dan sebagian dari jalan pikiran kita ada salahnya.

Kalau kita mau sedikit lebih jujur dalam melihat fakta-faktanya, maka kita akan menemukan bahwa ada kalanya kita telah berpikir dengan cara yang keliru.

Orang-orang yang bijak mampu dan mau memahami bahwa mereka telah salah suatu ketika. Dan mereka mampu dan mau mengubah arah pikirannya.

Sedangkan orang-orang yang keras hati dan mau menang sendiri tidak mau dan tidak mampu sedikitpun menyadari letak salah mereka. Dan mereka memaksakan untuk memakai jalan pikiran salahnya sebagai sebuah kebenaran mutlak.

Orang-orang yang bijak mencari kebenaran dengan petunjuk yang ada. Sedangkan orang-orang yang keras hati mencari petunjuk dengan membenarkan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *