Tingkatan Kekuatan

Tingkatan Kekuatan
Bahwa kita sering menganggap kesulitan dan musibah yang kita alami sebagai hukuman atau peringatan karena kesalahan dan dosa kita bukanlah sesuatu rahasia lagi. Yang masih menjadi rahasia adalah kebodohan kita untuk mencoba memahami itu sebagai suatu tahap peningkatan kekuatan hidup kita di masa yang akan datang. Kita lupa bahwa esok masih hari yang panjang untuk diteruskan menunggu mati. Semakin berat kesulitan dan musibah yang kita hadapi dan bagaimana kita menghadapi dan menyelesaikannya adalah sebuah pintu rahasia menuju hidup yang lebih tinggi dan mulia.
Kita semakin tua dan memiliki tanggungjawab yang semakin luas dan besar. Alangkah tidak sesuai kalau kita menanggungnya tanpa pernah dibuktikan bahwa kita mampu menjalankan tangungjawab itu. Dan begituah kenyataannya bahwa pintu rahasia itu begitu tipis nyaris tiada kelihatan. Bahkan ketika kita berhasil membuka dan melewati batasnya tiada terasa pada awalnya.
Demikianlah mengapa kadang orang mulia dan unggul tidak menyadari kemuliaan dan keunggulannya. Karena ia sendiri tidak begitu merasakan batas itu dari ia masa lalu kemarin. Setelah jauh dan terekam benar jejak pengalaman itu, barulah terasakan betapa kekuatan itu memang nyata menyatu dalam dirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *